ANALISIS DAMPAK KETERLIBATAN MAHASISWA, ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODERASI KEPERCAYAAN DIRI

Authors

  • Elisa Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Saringatun Mudrikah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterlibatan mahasiswa, adversity quotient, dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 161 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS (Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterlibatan mahasiswa, adversity quotient, dan kepercayaan diri berada pada kategori tinggi, sedangkan motivasi belajar berada pada tingkat sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dipengaruhi oleh keterlibatan mahasiswa, adversity quotient, dan motivasi belajar. Kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh keterlibatan mahasiswa, adversity quotient, dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterlibatan Mahasiswa, Adversity Quotient, Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri

Downloads

Published

10/03/2024

How to Cite

Pratiwi, E., & Mudrikah, S. (2024). ANALISIS DAMPAK KETERLIBATAN MAHASISWA, ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODERASI KEPERCAYAAN DIRI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 22(2), 12–27. https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76885