PENGARUH PERILAKU FEAR OF MISSING OUT DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76414Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Perilaku Fear of Missing Out (FOMO) terhadap Impulsive Buying pada Pengguna E-commerce; 2) Pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Impulsive Buying pada pengguna E-commerce; 3) Pengaruh Self Control dalam memoderasi Fear of Missing Out terhadap Impulsive Buying pada pengguna E-commerce; 4) Pengaruh Self Control dalam memoderasi Kemudahan Penggunaan terhadap Impulsive Buying pada pengguna E-commerce. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan sampel berjumlah 348 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi moderasi dengan uji nilai selisih mutlak. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku Fear of Missing Out berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,486 dan signifikansi sebesar 0,000; (2) Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,176 dan signifikansi sebesar 0,001; (3) Self Control tidak memoderasi pengaruh Perilaku Fear of Missing Out terhadap Impulsive Buying dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,487 dan signifikansi sebesar 0,479 (4) Self Control tidak memoderasi pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Impulsive Buying dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,198 dan signifikansi sebesar 0,090.
Kata kunci: FOMO, Impulsive Buying, Kemudahan Penggunaan, Self Control.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.