ANALISIS STUDENT COURSE ENGANGEMENT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA: STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Authors

  • weny nurwendari Universitas Negeri Medan
  • Sondang Aida Silalahi Universitas Negeri Medan
  • Kornelius Harefa Universitas Negeri Medan
  • Ulfa Nurhayani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v22i1.67786

Abstract

Sebagai mahasiswa, mereka memiliki tanggung jawab untuk belajar dan memenuhi semua kewajiban akademik yang ada. Namun, di sisi lain, mereka juga diharapkan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan yang terkait dengan perkuliahannya. Dalam penelitian ini, digunakan konsep keterlibatan mahasiswa secara umum dalam konteks perkuliahan untuk memudahkan pengumpulan data utama dan pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana atau seberapa besar mahasiswa terlibat dalam proses perkuliahan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Selain itu, tujuan dari penelitian ini juga melibatkan pengujian hubungan antara keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan dengan variabel lainnya, seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), jenis kelamin, dan jumlah kegiatan yang diikuti baik di dalam dan di luar kampus. Studi ini dilakukan dengan metode survei pada mahasiswa yang aktif megikuti kegiatan perkuliahan yaitu mahasiswa yang sudah mengisi KRS pada semester genap. Data yang terkumpul akan di uji dengan structural equational modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan akuntansi memiliki student course engagement yang tinggi serta varibel IPK memiliki pengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 1.965, Jenis kelamiin berpengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 15.166, kegiatan luar dan dalam kampus berpengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 10.958.

Downloads

Published

04/30/2024

How to Cite

nurwendari, weny, Silalahi, S. A., Harefa, K., & Nurhayani, U. (2024). ANALISIS STUDENT COURSE ENGANGEMENT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA: STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 22(1), 107–115. https://doi.org/10.21831/jpai.v22i1.67786