ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA GENERASI Z: STUDI KASUS PADA SISWA KEAHLIAN KOMPETENSI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.66303Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu lahirnya generasi Z yang berdampak pada budaya, kebiasaan, gaya hidup siswa. Generasi Z telah dan akan terus mempengaruhi pendidikan. Siswa pada generasi Z saat ini tidak terlepas dari gadget. Siswa generasi Z diharapkan dapat secara mandiri dalam mencari materi pembelajaran. Dengan kondisi tersebut siswa dapat diarahkan untuk memiliki kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar siswa generasi Z pada siswa keahlian kompetensi akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta dan kondisi yang diharapkan pada siswa generasi Z terkait dengan kemandirian belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampling purposive. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara semi terstruktur. Data yang terkumpul, lalu dianalisis dengan cara data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa siswa keahlian kompetensi akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta sudah mempunyai kemandirian belajar. Selanjutnya saran terkait kemandirian belajar siswa generasi Z ialah siswa perlu meningkatkan kemandirian belajar dengan cara melakukan aktivitas tanpa diminta orang lain, orang tua hendaknya selalu memberikan dukungan kepada anak, Guru hendaknya menjalin kerjasama dengan orang tua dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar siswa karena kemandirian belajar penting dimiliki oleh setiap siswa.
Kata kunci : Generasi Z, Kemandirian Belajar, Siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.