PEMBELAJARAN MEDIA YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v22i1.58609Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 10 orang, 2 guru yaitu wali kelas dan guru mata pelajaran, 8 peserta didik yaitu 4 rangking tertinggi dikelas dan 4 rangking terendah dikelas. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) pelaksanaan pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak sebagai berikut: membuka pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran, menutup pembelajaran. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak sebagai berikut: faktor pendukungnya media visual sederhana, bervariasi dan waktu dan daya liput luas serta faktor penghambatnya kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, keterbatasan fasilitas sekolah dan terbatas ruang waktu.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Youtube, Akuntansi Keuangan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.