PERANAN EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENDORONG ACTIVE LEARNING: STUDI PADA PENDIDIKAN AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.58241Abstract
Lulusan akuntansi dituntut untuk mampu menunjukkan pengetahuan dan keterampilan profesional dalam menjalankan profesi sebagai akuntan. Oleh karena itu, Pendidikan akuntansi diharapkan untuk memberikan mahasiswa lebih banyak pengalaman industri selama proses pembelajaran dengan menerapkan metode experiential learning dalam kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi bagaimana experiential learning melalui magang dapat mendorong active learning mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Para mahasiswa akan diminta untuk mengisi formular survei berisi pertanyaan terbuka untuk menilai keterlibatan mereka dalam aspek experiential learning serta dampaknya pada aspek active learning. Penelitian ini mengadopsi instrument yang dikembangkan oleh Hocking untuk mengevaluasi experiential learning. Sedangkan untuk active learning, instrument penelitian dari Denicolo dkk akan digunakan. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi yang telah menyelesaikan program magang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program magang tersebut mendorong experiential learning yang selanjutnya memicu mahasiswa menerapkan active learning. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan untuk memperkaya pembelajaran akuntansi dengan metode experiential learning. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memasukkan program magang ke dalam kurikulum Pendidikan akuntansi.
Kata kunci: Pendidikan Akuntansi, Experiential Learning, Active Learning, Magang, MBKM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.