PERANAN EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENDORONG ACTIVE LEARNING: STUDI PADA PENDIDIKAN AKUNTANSI

Authors

  • Andi Kusumawati Universitas Hasanuddin
  • Hermita Arif Universitas Hasanuddin https://orcid.org/0000-0001-5104-9355
  • Afdal Madein Universitas Hasanuddin
  • Andi Iqra Pradipta Natsir Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.58241

Abstract

Lulusan akuntansi dituntut untuk mampu menunjukkan pengetahuan dan keterampilan profesional dalam menjalankan profesi sebagai akuntan. Oleh karena itu, Pendidikan akuntansi diharapkan untuk memberikan mahasiswa lebih banyak pengalaman industri selama proses pembelajaran dengan menerapkan metode experiential learning dalam kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi bagaimana experiential learning melalui magang dapat mendorong active learning mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Para mahasiswa akan diminta untuk mengisi formular survei berisi pertanyaan terbuka untuk menilai keterlibatan mereka dalam aspek experiential learning serta dampaknya pada aspek active learning. Penelitian ini mengadopsi instrument yang dikembangkan oleh Hocking untuk mengevaluasi experiential learning. Sedangkan untuk active learning, instrument penelitian dari Denicolo dkk akan digunakan.  Responden penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi yang telah menyelesaikan program magang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program magang tersebut mendorong experiential learning yang selanjutnya memicu mahasiswa menerapkan active learning. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan untuk memperkaya pembelajaran akuntansi dengan metode experiential learning. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memasukkan program magang ke dalam kurikulum Pendidikan akuntansi.

Kata kunci: Pendidikan Akuntansi, Experiential Learning, Active Learning, Magang, MBKM

Downloads

Published

07/06/2023

How to Cite

Kusumawati, A., Arif, H., Madein, A., & Pradipta Natsir, A. I. (2023). PERANAN EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENDORONG ACTIVE LEARNING: STUDI PADA PENDIDIKAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21(1), 41–53. https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.58241