PERAN PROSPEK KERJA DALAM MEMODERASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI

Authors

  • Widhya Nur Khasanah Universitas Negeri Semarang
  • Kardiyem Kardiyem Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.54524

Abstract

Setiap tahun, siswa kelas XII SMA/MA/SMK yang berencana melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi akan dihadapkan dengan pilihan yang rumit dalam menentukan jurusan/prodi yang harus dipilih. Pengambilan keputusan memilih prodi merupakan proses yang dilalui calon mahasiswa dalam membuat keputusan untuk menentukan alternatif program studi terbaik sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki dengan pertimbangan faktor lainnya pula. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh minat, dukungan orangtua, dan reputasi prodi terhadap pengambilan keputusan memilih prodi dengan prospek kerja sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 164 mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi angkatan 2021 Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan simple random sampling dan diperoleh 116 mahasiswa berdasarkan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial minat, dukungan orangtua, dan reputasi prodi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan memilih prodi. Prospek kerja tidak mampu memperkuat pengaruh minat, dukungan orangtua, dan reputasi prodi terhadap pengambilan keputusan memilih prodi.

Kata kunci: Minat, Dukungan Orangtua, Reputasi Prodi, Prospek Kerja, Keputusan Memilih Prodi.

Author Biography

Kardiyem Kardiyem, Universitas Negeri Semarang

Dosen Pendidikan Ekonomi UNNES

Downloads

Published

01/04/2023

How to Cite

Khasanah, W. N., & Kardiyem, K. (2023). PERAN PROSPEK KERJA DALAM MEMODERASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(2), 155–175. https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.54524