PERBANDINGAN ESTIMASI KEMAMPUAN AKUNTANSI SISWA SMK PADA PENSKORAN DIKOTOMUS DAN POLITOMUS
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.54143Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan parameter butir pada penskoran dikotomus dan politomus, (2) melihat perbandingan estimasi kemampuan berdasarkan model penskoran dikotomus dan politomus, serta (3) mendeskripsikan nilai fungsi informasi pada penskoran dikotomus dan politomus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMK Program Keahlian Akuntansi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek penelitian adalah perangkat soal dan respon jawaban siswa dari enam SMK yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Respons jawaban siswa dianalisis dengan pendekatan Teori Respons Butir dengan program BILOG pada penskoran dikotomus 3PL dan program PARSCALE pada penskoran politomus GPCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada model penskoran dikotomus, terdapat masing-masing tiga butir soal yang memiliki indeks kesukaran dan daya pembeda tidak memenuhi kriteria. Pada model penskoran politomus, tingkat kesukaran dan daya pembedanya semua tergolong baik. (2) Pada model penskoran dikotomus memiliki kemampuan tertinggi (θ) 2,3025, kemampuan terendah (θ) -1,8522. Rata-rata kemampuan sebesar 0,09137. Pada model penskoran model politomus kemampuan tertinggi (θ) 3,308, kemampuan terendah -2,1544. Rata-rata kemampuan sebesar-0,000 SD 1,0015. Nilai rata-rata kemampuan pada model dikotomus lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pada model penskoran politomus. Nilai fungsi informasi pada model dikotomus lebih tinggi dari pada fungsi informasi pada model politomus.
Kata kunci: estimasi kemampuan, dikotomus, politomus, IRT, akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.