PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5173Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Kecerdasan Emosional digunakan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Kedua, untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional pada hubungan antara Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini termasuk penelitian "ex-post facto", peneliti mencoba untuk menentukan penyebab, pengaruh, dan efek dari suatu peristiwa yang telah dipelajari oleh peneliti sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen, Lingkungan Belajar (X1) terhadap variabel dependen, Akuntansi Prestasi Belajar (Y) melalui variabel moderating yang memperkuat hubungan antara variabel independen dan dependen yaitu Kecerdasan Emosional (X2). Karena data yang dikumpulkan dalam angka, analisis yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, ada bukti empiris bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi di Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014. Hal ini menunjukan lingkungan belajar yang baik akan berdampak positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi mereka. Ada juga bukti empiris yang menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari Kecerdasan emosional dalam hubungan antara Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa di Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014. Para siswa dengan Kecerdasan Emosional yang tinggi dan Lingkungan Belajar yang kondusif dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi mereka.
Kata kunci: Lingkungan Belajar, Kecerdasan Emosional, Variabel Moderating
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.