PENERAPAN KOLABORASI PEMBELAJARAN STAD DAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5163Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada kompetensi dasar Memahami Akuntansi Perusahaan Dagang siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Everyone is a Teacher Here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif selama dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi belajar, lembar observasi, catatan lapangan,dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat meningkatkan ketiga ranah prestasi belajar siswa. 1) Ketuntasan prestasi belajar kognitif siswa meningkat dari 50,00% siklus I menjadi 85,00% pada siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata 24,75. 2) Prestasi belajar afektif siswa meningkat dari 36,37% siklus I mencapai kategori Sangat Baik/Baik menjadi 100% pada siklus II. 3) Prestasi belajar psikomotor siswa meningkat dari 72,73% siklus I mencapai nilai kategori Sangat Baik/Baik menjadi 100% pada siklus II.
Kata kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Everyone is a Teacher Here, Prestasi Belajar, SMK Koperasi Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.