PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR

Authors

  • Elisa Rahma Saputri Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5159

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK KOPERASI Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dan mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK KOPERASI Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 28,25%  yaitu 53,75% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,00% pada siklus II.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing, aktivitas belajar akuntansi

Downloads

Published

06/01/2014

How to Cite

Saputri, E. R. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5159