PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5159Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK KOPERASI Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dan mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK KOPERASI Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 28,25% yaitu 53,75% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,00% pada siklus II.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing, aktivitas belajar akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.