PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN NHT DENGAN MEDIA SOFTWARE JIGSAW PUZZLE

Authors

  • Dicky Pradana Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5158

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Software Jigsaw Puzzle. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dalam dua pertemuan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif yang menunjukkan penilaian aktivitas belajar siswa. Berdasarkan data hasil penelitian Aktivitas Belajar Siswa meningkat yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor observasi siklus I sebesar 77,23% dan siklus II sebesar 90,07%, hal ini berarti terdapat peningkatan sebesar 12,84% (Absolut) dan 16,63% (Relatif). Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa juga terjadi peningkatan persentase Aktivitas Belajar Akuntansi siswa sebesar 10,77% (absolut) dan 13,83% (relatif) dimana persentase pada siklus I sebesar 77,87% meningkat menjadi 88,64% pada siklus II.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Software Jigsaw Puzzle, Aktivitas Belajar

Downloads

Published

06/01/2014

How to Cite

Pradana, D. (2014). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN NHT DENGAN MEDIA SOFTWARE JIGSAW PUZZLE. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5158