COMMUNICATION SKILLS MAHASISWA AKUNTANSI DAN AKUNTAN: DUA DEKADE STUDI DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.51357Abstract
Penelitian ini bertujuan meninjau perkembangan penelitian communication skills mahasiswa akuntansi dan akuntan di Indonesia selama dua dekade. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian literatur (literature review) dengan menggunakan pendekatan content analysis. Penelitian ini berfokus pada communication skills mahasiswa akuntansi dan akuntan, serta aspek communication skills yang dibutuhkan oleh pemberi kerja. Data penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder berupa artikel dari jurnal ilmiah nasional. Peneliti menerapkan purposive sampling untuk mendapat sampel akhir. Periode data yang diambil adalah dari tahun 2005 hingga 2021. Tinjauan penelitian didasarkan pada tujuh artikel empiris dari 7.308 artikel yang ditemukan pada jurnal akuntansi dan 861 artikel yang ditemukan pada jurnal accounting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi yang telah diteliti dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu (1) keterampilan komunikasi secara umum, (2) keterampilan komunikasi lisan dan tulisan, serta (3) keterampilan komunikasi dalam bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.
Kata kunci: Communication Skills; Literature Review; Content Analysis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.