IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ UNTUK KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS DARING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.43613Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah keaktifan peserta didik didalam kelas pada mata pelajaran akuntansi keuangan dengan menggunakan aplikasi Quizizz untuk melengkapi pembelajaran daring dengan media Whatsapp Grup dan Google Classroom agar materi pelajaran akuntansi keuangan dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan menggunakan 11 orang yang terdiri dari 1 guru akuntansi keuangan dan 10 peserta didik kelas XI AKL 2 di SMK PGRI Wonoasri. Hasil penelitian menggunakan aplikasi Quizizz ini sangat membantu untuk pembelajaran daring, meningkatkan belajar dan pemahaman peserta didik. Aplikasi Quizizz lebih mudah diakses dan digunakan dari pada aplikasi yang pernah peserta didik gunakan yaitu Google Classroom. Namun aplikasi Quizizz memiliki keterbatasan apabila sinyal tidak stabil saat mengerjakan soal bisa keluar dari aplikasi, meskipun dapat melanjukan soal namun cukup menghambat pengerjaan. Aplikasi Quizizz ini cukup menyenangkan, seru bagi peserta didik yang dapat beradaptasi dengan pembelajaran daring, sedangkan bagi peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori yang harus mendengar penjelasan materi secara langsung dari guru saat pembelajaran di kelas, aplikasi Quizizz tidak berhasil menumbuhkan semangat belajarnya.Downloads
Published
01/02/2022
How to Cite
Astuti, R. I., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2022). IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ UNTUK KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS DARING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 71–83. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.43613
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.