PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28689Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019, baik secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 127 siswa. Pengumpulan data mengunakan metode angket dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx1y = 0,348, r2x1y = 0,114, dan thitung > ttabel (4,012 >1,657) .(2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx2y = 0,275, r2x2y = 0,076 dan thitung > ttabel (3,204 >1,657). (3) Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx3y = 0,254, r2x3y = 0,064, dan thitung > ttabel (2,301 >1,657). (4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar, yang dibuktikan dengan Ry(1,2,3) = 0,391, R2y(1,2,3) = 0,153, dan Fhitung > Ftabel (7,398 > 2,678). Sumbangan Efektif (SE) menunjukkan total sebesar 15,30%.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang metode Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.