EVALUASI TINGKAT PENERIMAAN E-LEARNING PADA MAHASISWA BIDANG KEILMUAN SOSIAL DAN TEKNIK DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL(TAM)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.27336Abstract
Belum optimalnya penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi merupakan salah satu hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran yang diterapkan di suatu institusi pendidikan dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini mencoba mengukur tingkat penerimaan penggunaan metode e-learning sebagai media pembelajaran pada mahasiswa jurusan Akuntansi dan Teknik Informatika. Sample dalam penelitian ini berjumlah 60 orang mahasiswa jurusan Akuntansi dan Teknik Informatika yang pernah menggunakan e-learning dalam proses perkuliahan. Data dikumpulkan dengan cara kuisioner, terdiri dari 30 pertanyaan dan dianalisis menggunakan metode regresi. Hasil dari pengujian dengan regresi menyatakan bahwa mahasiswa jurusan Akuntansi dan Teknik Informatika memiliki motivasi yang baik dalam penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Pada mahasiswa jurusan Akuntansi persepsi kegunaan lebih mendominasi motivasi mahasiswa dalam penggunaan e-learnig, sedangkan pada mahasiswa jurusan Teknik Informatika persepsi kemudahan mendominasi motivasi penggunaan e-learning.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.