PENERAPAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20170Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui: Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas XI AK 3 SMK N 1 Depok tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yaitu dengan Observasi Partisipatif, Angket dan Tes. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan observasi dari Prasiklus – Siklus I sebesar 6,75% dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 9,68%. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dari Siklus I ke Siklus II berdasarkan angket adalah sebesar 4,85%. Pada Siklus I Hasil Belajar Siswa belum mencapai kriteria minimal ketuntasan sebesar 75% yaitu sebesar 16,67%. Pada Siklus II Hasil Belajar Siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75% yaitu sebesar 93,33%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.