PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20169Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Berbantuan Media Kartu Soal dan Jawaban Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Depok. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk menilai Motivasi Belajar dan lembar observasi untuk menilai Aktivitas Belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terjadi peningkatan Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Secara klasikal, Motivasi Belajar siswa dari siklus I yaitu 69,01% meningkat sebesar 6,55% pada siklus II menjadi 75,56%. Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi secara klasikal, dapat dilihat dari hasil siklus I yaitu 66,88% meningkat sebesar 10,55% pada siklus II menjadi 77.44%.
Kata kunci: Make a Match, Motivasi Belajar Akuntansi, dan Aktivitas Belajar Akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.