BALANCED SCORECARD: IMPLEMENTASI INTERAKSIONAL AGENCY THEORY DAN STAKEHOLDER THEORY DALAM MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17218Abstract
Lemahnya kualitas pengelolaan sumber daya yang dimiliki perguruan tinggi di Indonesia dapat berakibat terhadap munculnya persoalan rendahnya daya saing sumber daya bangsa. Rendahnya ranking perguruan tinggi dibandingkan perguruan tinggi lain di dunia, rendahnya kualitas sumber daya manusia dibandingkan dengan negara lain, dan tingginya angka pengangguran di Indonesia dapat menjadi indikator masih diperlukannya pendekatan jitu dalam manajemen sumber daya perguruan tinggi.
BSC adalah sebuah pendekatan yang dapat dipilih perguruan tinggi untuk mengelola sumber daya dalam mewujudkan visi dan misinya. Implementasi BSC di perguruan tinggi dapat menjadi sebuah pendekatan strategis dan operasional yang efektif dan efisien apabila diimplementasikan dengan prosedur yang benar dengan melibatkan shareholer dan stakeholer. BSC menawarkan sebuah cara bagi perguruan tinggi untuk mencapai tujuan secara komprehensif, berimbang, dan terintegrasi antara kinerja keuangan dan non-keuangan, kinerja jangka pendek dan jangka panjang, serta kinerja internal dan kinerja eksternal.
Kata kunci: Balance Score Card, Agency Theory, Stakeholder Theory, Perguruan Tinggi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.