PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PETA AKUNTANSI (TAKSI) BERBASIS ANDROID PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17217Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) Berbasis Android pada materi Siklus Akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Slawi; (2) mengetahui kelayakan aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) berbasis Android; (3) mengetahui penilaian siswa terhadap aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) berbasis Android; (4) mengetahui efetivitas penggunaan aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) berbasis Android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukan: (1) media pembelajaran aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) dikembangkan melalui 5 tahapan yaitu: a) Analysis; b) Design; c) Development; d) Implementation; dan e) Evaluation. (2) media pembelajaran aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) ini layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh persentase 96,25% (Sangat Layak), b) Ahli media diperoleh persentase 82,30% (Sangat Layak), dan c) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh persentase 89,42% (Sangat Layak). (3) penilaian siswa terhadap media pada ujicoba perorangan diperoleh persentase 99,58% (Sangat Layak), ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 91,67% (Sangat Layak), dan penelitian lapangan diperoleh persentase 91,80% (Sangat Layak). (4) Berdasarkan analisis peningkatan hasil pretest dan posttest dengan gain skor, Media Pembelajaran Apliaksi Peta Akuntansi (TAKSI) Berbasis Andoid efektif digunakan.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Peta Akuntansi (TAKSI), Android, ADDIE.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.