PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17214Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dalam mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model penembangan Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Subjek coba penelitian ini adalah guru mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang serta siswa kelas XI AK 3 dan XI AK 4 yang masing-masing berjumlah 36 dan 31 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan deskriptif persentase. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai sebesar 84,38%, 75% dari ahli materi, 77,26% dari ahli pengembangan bahan ajar, serta dari pengguna yaitu guru 75% dan siswa sebesar 82,29%. Rata-rata persentase keseluruhan sebesar 79,79% untuk model pembelajaran, 75% untuk materi pembelajaran yang terdapat dalam buku guru dan siswa, serta 77,26% untuk buku siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang terdiri dari buku guru dan siswa yang dikembangkan layak serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.Saran pengembangan produk lebih lanjut: (1) Model pembelajaran ini masih digunakan hanya di satu mata pelajaran dan satu sekolah. Pengembangan selanjutnya dapat menggunakan materi atau pelajaran lain dan sekolah lainnya. (2) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran dengan konsep yang lain, (3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menguji efektifitas model pembelajaran saintifik dan membandingkan model pembelajaran ini dengan model pembelajaran lainnya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Saintifik, Akuntansi, Problem Based Learning, Project Based Learning
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.