STRATEGI BLENDED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING MAHASISWA DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: (1) Mengetahui deskripsi implementasi strategi Blended Learning dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa (2) Mengetahui peningkatan kemandirian belajar mahasiswa melalui pengimplementasian strategi Blended Learning (3) Mengetahui peningkatan kemampuan Critical Thinking mahasiswa melalui pengimplementasian strategi Blended Learning.
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNYpada tahun akademik 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan model Kemmis-Taggart. Penelitian ini didahului dengan mengembangkan perangkat pembelajaran Blended Learning sebagai upaya untuk meningkatkan Kemandirian Belajar, Critical Thinking, maupun prestasi belajar mahasiswa. Tahap-tahap penelitian tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Akuntansi. Metode pengumpulan data dengan observasi, dan tes atau pemberian tugas/kuis untuk mengetahui kualitas proses dan hasil pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Strategi pembelajaran Blended Learning terbukti berhasil meningkatkan Kemandirian Belajar, Critical Thinking, maupun prestasi belajar dari mahasiswa terhadap perkuliahan Evaluasi Pembelajaran Akuntansi. Hal ini didasarkan pada terjadinya: (1) peningkatan kemampuan mahasiswa untuk belajar mandiri antara sebelum implementasi Strategi Blended Learning yaitu sebesar 14,3%, dan setelah siklus terakhir pengimplementasian Strategi Blended Learning adalah sebesar 85,7% (2) peningkatan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis antara sebelum implementasi Strategi Blended Learning yaitu sebesar 19,3%, dan setelah siklus terakhir pengimplementasian Strategi Blended Learning adalah sebesar 88,6% (3) peningkatan Prestasi Belajar mahasiswa dimana terdapat 92,9% mahasiswa yang mendapatkan nilai lebih besar sama dengan 75 untuk komponen tugas dan partisipasi, dan 78,6% mahasiswa yang mendapatkan nilai lebih besar sama dengan 75 untuk komponen UAS.
Kata kunci: blended learning, kemandirian belajar, critical thinking, prestasi belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.