IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERKULIAHAN PERPAJAKAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1682Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Model pemberian tugas mandiri dalam perkuliahan Perpajakan Mampu Mendorong Sikap dan Perilaku Jujur pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FISE UNY (2) Model kerja praktik (simulasi) berkelompok dalam Perkuliahan Perpajakan Mampu Mendorong Sikap/Perilaku Tanggung Jawab pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FISE UNY.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan klas ( class room action research) yang dirancang dalam dua putaran/siklus meliputi kegiatan (a). Perencanaan tindakan (b). Pelaksanaan tindakan (c). Observasi (d). Refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan ahwa (1) Metode pemberikan tugas mandiri dalam perkuliahan perpajakan belum mampu mendorong sikap dan perilaku jujur pada mahasiswa Jurusan pendiidkan Akuntansi FISE UNY. Hal ini terbukti pada siklus pertama bahwa mahasiswa mengerjakan dan mengumpulkan tugas mandiri dengan menyalin pekerjaan teman, mahasiswa tidak mengerjakan tugasnya sendiri artinya tidak bertanggung jawab pada tugas yang dibebankannya. (2). Metode kerja praktik (simulasi) berkelompok dalam perkuliahan perpajakan mampu mendorong sikap/perilaku jujur dan tanggung jawab padai mahasiswa Jurusan pendiidkan Akuntansi FISE UNY. Berdasarkan angket tertutup yang diberikan diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa (100%) memiliki nilai kejujuran akademik dan non akademik yang bagus (rata-rata nilai 90) dan memilki tanggung jawab akademik dan non akademik yang tinggi (rata-rata nilai 85).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.