PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMKN 1 PENGASIH
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v15i1.14812Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Monopoli. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI AK2 1 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen data yang digunakan yaitu lembar observasi dan catatan harian guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Monopoli dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017. Dibuktikan dengan adanya peningkatan setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dari sikus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 17,86% (relatif) dan 13,87% (absolut) dari siklus I sebesar 77,68% menjadi sebesar 91,55% pada siklus II.
Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Media Monopoli, Aktivitas Belajar Akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.