PENGEMBANGAN APLIKASI "EDCOUNTING-APP" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN

Authors

  • Rr. Trianina Arini Kudiasanti Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • sukirno sukirno Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v15i1.14809

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi edukatif berbasis Android dan Desktop "Edcounting-App" sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan aplikasi edukatif berbassis Android dan Desktop "Edcounting-App" sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan adalah jenis penelitian pengembangan dengan metode ADDIE. Penilaian siswa kelas XI Ak 1 dan XI Ak 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta yang terdiri dari 54 siswa memperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 2,99 yang termasuk dalam kategori Layak. Berdasarkan seluruh penilaian terhadap kelayakan aplikasi dari ahli media sebesar 3,44, penilaian dari ahli materi sebesar 3, penilaian dari praktisi pembelajaran Akuntansi sebesar 2,93, dan penilaian siswa kelass XI Ak SMK Negeri 7 Yogyakarta sebesar 2,99, maka aplikasi edukatif berbasis Android dan Desktop "Edcounting-App" Layak dipergunakan sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan.

Kata Kunci: Aplikasi Edukatif "Edcounting-App", Android dan Desktop, Media, ADDIE

Downloads

Published

07/12/2017

How to Cite

Kudiasanti, R. T. A., & sukirno, sukirno. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI "EDCOUNTING-APP" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpai.v15i1.14809