PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT DENGAN RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMKN 1 TEMPEL

Authors

  • Noni Istifar Rina Alumni Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas negeri Yogyakarta
  • Sukanti Sukanti Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11365

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Roda Putar. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen data yang digunakan yaitu lembar observasi dan catatan harian guru. Analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Roda Putar dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016. Dibuktikan dengan adanya peningkatan setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dari sikus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar akuntansi sebesar 26,37% (relatif) dan 18,75% (absolut) dari siklus I sebesar 71,09% menjadi sebesar 89,84% pada siklus II.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Media Roda Putar  Akuntansi, Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa, SMK Negeri 1 Tempel

Downloads

Published

10/24/2016

How to Cite

Rina, N. I., & Sukanti, S. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT DENGAN RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMKN 1 TEMPEL. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11365