PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT DENGAN RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMKN 1 TEMPEL
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11365Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Roda Putar. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen data yang digunakan yaitu lembar observasi dan catatan harian guru. Analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Roda Putar dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016. Dibuktikan dengan adanya peningkatan setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dari sikus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar akuntansi sebesar 26,37% (relatif) dan 18,75% (absolut) dari siklus I sebesar 71,09% menjadi sebesar 89,84% pada siklus II.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Media Roda Putar Akuntansi, Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa, SMK Negeri 1 Tempel
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.