IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR

Authors

  • Fenti Noor Endah Kurniawati Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rr. Indah Mustikawati Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10307

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 melalui implementasi Model Active Learning dengan Teknik Learning Starts With A Question. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipatif dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi Model Active Learning dengan Teknik Learning Starts With A Question dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada semua indikator Aktivitas Belajar Akuntansi peserta didik. Peningkatan ini juga terlihat dari rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi peserta didik pada siklus I sebesar 66,48% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 82,34%. Berdasarkan data angket Aktivitas Belajar Akuntansi peserta didik juga terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 67,44% dan pada siklus II menjadi sebesar 79,88%.

Kata kunci: Learning Starts With A Question, Aktivitas Belajar Akuntansi

Downloads

Published

08/08/2016

How to Cite

Endah Kurniawati, F. N., & Mustikawati, R. I. (2016). IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10307