Efektivitas kegiatan kolaborasi seni terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.61155Keywords:
Social interaction, collaboration art, childrenAbstract
Interaksi sosial perlu untuk dikembangkan sejak dini agar anak-anak dapat mempelajari cara menyesuaikan diri, dapat saling berkomunikasi dan tolong menolong satu sama lain. Kolaborasi seni adalah kegiatan yang melibatkan anak-anak untuk dapat bergiliran, berbagi, mengikuti aturan, bernegosiasi, dan berkompromi dalam membuat sebuah karya seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas kegiatan kolaborasi seni terhadap kemampuan interaksi sosial anak kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pola non equivalen control group. Hasil penelitian menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 dimana lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan kolaborasi seni efektif terhadap kemampuan interaksi sosial anak kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember tahun ajaran 2022/2023.References
Abdulsyani. 2007. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, RM dan Mailasari DU. 2020. Pengembangan Keterampilan Kolaborasi Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 8(2): 220-235
Fine Art Miracle. 2020. The Collective Art Project: Benefits of Creating Collaboratively. Retrieved 08 November 2022. https://fineartmiracles.com/the-collective-art-project-benefits-of-creating-collaboratively/
Greenstein, Laura. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluate Mastery and Authentic Learning. Corwin Press.
Innovation Kids Lab. 2018. Collaborative Circle Painting to Build Community. Retrieved 08 November 2022 https://innovationkidslab.com/circle-painting/
Kaplan Company. 2014. How To Encourage Collaborative Play In The Preschool Classroom. https://blog.kaplanco.com/ii/collaborative-play#top [Diakses pada 08 November 2022]
Masyhud, S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi 4, Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Math and Reading Help. 2022. The Benefits of Collaborative and Individual Art Projects for Young Children. Retrieved 08 November 2022. http://mathandreadinghelp.org/articles/The_Benefits_of_Collaborative_and_Individual_Art_Projects_for_Young_Children.html
Muthmainah, Astuti B, Fatimaningrum AS. 2016. Pengembangan Panduan Permainan Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1):684-694
Nugroho, Sigit. 2008. Metode Statistika Nonparametrik. Bengkulu: UNIB Press Retrieved from http://sigitnugroho.id/MetodeStatistikaNonparametrikaSigitNugroho.pdf
Rahayu, P. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(1): 63-70
Syaodih, E. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Waygood, dkk. 2017. Children's Incidental Social Interaction During Travel International Case Studies From Canada, Japan, and Sweedan. Journal of Transport Geography 63: 22-27
Wiyani, N. A. 2014. Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Woodhouse. Karrie. 2019. What is an Art Collaboration and Should You Participate in One?. Retrieved 08 November 2022. https://www.kerriewoodhouse.com/blog/art-collaborations
Yusuf, S. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja.