Implementasi model ASYIK dalam mengembangkan kecerdasan musikal melalui kegiatan bermain angklung pada anak TK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.57754

Keywords:

ASYIK play model, musical intelligence, playing angklung

Abstract

Masa usia dini merupakan periode emas dimana perkembangan kecerdasan otak anak mencapai 50% dalam kehidupannya.  Setiap anak yang dilahirkan memiliki keunikan dan kecerdasannya masing-masing.  Kecerdasan inilah yang disebut dengan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang terdiri dari 8 macam kecerdasan yaitu Verbal Linguistik, Matematis Logis, Visual Spasial, Jasmani Kinestetik, Musikal, Intrapersonal, Interpersonal dan Naturalis.  Salah satu kecerdasan yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kecerdasan musikal dengan menggunakan Model Bermain Asyik melalui bermain alat music angklung di TK Al-Fath Kota Tangerang Selatan.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan pengamatan lapangan (observasi).  Komponen yang diamati adalah persepsi dan persiapan guru, implementasi Model Asyik dan peran guru dalam pembelajaran bermain angklung, serta keterlibatan anak.  Hasil penelitian didapatkan bahwa TK Al-Fath memiliki Pendidikan music yang diberikan sebagai intrakurikuler untuk mengembangkan kecerdasan musikal pada peserta didiknya.  Melalui penerapan Model Belajar Asyik, pembelajaran menjadi menyenangkan dan membuat anak penuh semangat.

References

Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022

Balai, O. R., Sejarah, P., Nilai, D., Bandung, T., Cinambo, J. R., & Kota Bandung, U. (n.d.). ANGKLUNG: DARI ANGKLUNG TRADISIONAL KE ANGKLUNG MODERN Angklung: from Traditional to Modern. In Maret (Vol. 4, Issue 1).

Bongwong, B. (2017). Memory processes in acquiring xylophone playing competences among Nso'children in Kumbo; A Doctoral Dissertation. Journal of Educational Policy and Entrepreneurial Research.

Christiner, M., & Reiterer, S. M. (2018). Early influence of musical abilities and working memory on speech imitation abilities: Study with pre-school children. Brain Sciences, 8(9). https://doi.org/10.3390/brainsci8090169

Fuentes, C., & Wermke, K. (2011). Melodies that help: The Relation between Language Aptitude and Musical Intelligence. In Anglistik International Journal of English Studies (Vol. 22, Issue 1). http://ssrn.com/abstract=1815339

Gardner, H. (1983). Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligences (2011th ed.). Basic Books.

Hapsari, B. I., Syukri, M., Yusuf, A., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Untan, F. (n.d.). PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL DALAM PEMBELAJARAN MUSIK ANGKLUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK.

Herholz, S. C., & Zatorre, R. J. (2012). Musical Training as a Framework for Brain Plasticity: Behavior, Function, and Structure. In Neuron (Vol. 76, Issue 3, pp. 486–502). https://doi.org/10.1016/j.neuron.2012.10.011

Loeziana. (2017). THE GOLDEN AGE : MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK. Oai:Ojs.Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id:Article/1322, Vol 1(i2.1322).

Moluayonge, G. E. (2022). The Effect of Music on the Acquisition of Mathematical Skills in Early Childhood Education in the Buea Municipality of Cameroon. European Journal of Education and Pedagogy, 3(2), 86–92. https://doi.org/10.24018/ejedu.2022.3.2.297

Octaberlina, L., & Asrifan, A. (2021). Multiple Intelligences in Basic School Learning. OSFPREPINTS.

Prof, O., Wahab, R., & Pd, M. (n.d.). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF.

Rizky, D., & Putri, K. (n.d.). PEMBELAJARAN ANGKLUNG MENGGUNAKAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN.

Rose, D., Jones Bartoli, A., & Heaton, P. (2019). Measuring the impact of musical learning on cognitive, behavioural and socio-emotional wellbeing development in children. Psychology of Music, 47(2), 284–303. https://doi.org/10.1177/0305735617744887

S Watini, & H Effendy. (2018). The Playing Method " ASYIK" Based on Multiple Intelligence. Journal of Studies in Education.

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Watini, S. (2016). Modul Model Bermain ASYIK untuk Anak Usia Dini. Dalam Buku Model Bermain Asyik Untuk Anak Usia Dini. Cahaya Ilmu.

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Watini, S. (2020). Implementation of Asyik Play Model in Enhancing Character Value of Early Childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042055

Widiastuti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model "Asyik" Dalam Meningkatkan Konsentrasi Bermain Angklung Di TK Tadika Puri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2063. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2063-2076.2022

Zamharirah, S. (2021). Pengembangan Potensi Diri Anak Melalui Program Kegiatan Islami Majelis Anak Shaleh Kota Parepare". Jurnal IAIN Parepare.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Sudarto, S., Rahmawati, S., & Watini, S. (2023). Implementasi model ASYIK dalam mengembangkan kecerdasan musikal melalui kegiatan bermain angklung pada anak TK. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 12(2), 206–216. https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.57754