Penerapan pembelajaran numerasi di TK IT Bhakti Insani
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.57318Keywords:
Implementation, number operation skill, children, kindergartenAbstract
Keterampilan numerasi anak usia dini penting distimulasi untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan anak bukan hanya menginterprestasikan angka dan ketrampilan operasi bilangan tetapi terkait dengan kemampuan pemecahan masalah dan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran numerasi di TK IT Bhakti Insani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu aktifitas dalam analisis kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pelaksanaan pembelajaran numerasi sudah sesuai dengan tahapan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, 2) faktor pendukung diantaranya: penerapan kurikulum merdeka, pembelajaran dengan metode proyek, tersedianya media loosepart di kelas, guru-guru yang update dengan ilmu kebaruan, serta dukungan para stakeholder. 3) faktor penghambat adalah keterbatasan waktu dalam pelaksanan pembelajaran numerasi.References
Febry Maghfirah, Malpaleni Satriana , Antung Dewi Nurliana Sagita , Wiwik Haryani , Farny Sutriany Jafar , Yindayati , Norhafifah (2022). Media Digital Menstimulasi Keterampilan Numerasi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6 Issue 6 (2022) Pages 6027-6034. doi: DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3370
Ghony, M. D. & Almanshur, F. (2012). Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Indah Wahyuni (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 10 (1), 2021, 77-87. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa
Kemendikbudristek, R. I. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesment Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan Capaian Pembelajaran.
Mamada Arlistya Putri (2021). Penerapan Pembelajaran Literasi di TK RumahKu Tumbuh. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 6 Issue 6 (2022) Pages 5840-5849. DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3202
Nur Hayati, Nur Cholimah, Martha Christianti (2017). Identifikasi Keterampilan Kognitif Anak Usia 2-6 Tahun di Lembaga Paud Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 6, Edisi 2, Desember 2017.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian, kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta