Tipologi gambar anak usia 4-6 tahun
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.53667Keywords:
typology of images, images of children, early childhoodAbstract
Menggambar merupakan kegiatan yang sering diaplikasikan di TK, namun masih banyak guru TK yang belum mengetahui tipologi gambar anak. Fokus penelitian ini yaitu tipologi gambar anak usia 4-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tipologi gambar anak yang diekspresikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode analisis data deskriptif analisis. Subjek penelitian ini berjumlah 123 karya gambar anak usia 4-6 tahun di Yogyakarta dan sekitarnya. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Penulis mendeskripsikan karya gambar yang dibuat oleh anak, kemudian dianalisis menggunakan instrumen pengamatan tipologi gambar anak, kemudian menyimpulkan dari hasil analisis tersebut. Data disajikan dalam bentuk diagram, tabel dan penjelasan naratifnya. Hasil penelitian tipologi gambar anak ini menunjukkan 76% bertipe visual dan 24% bertipe haptik. Faktor yang mempengaruhi karya gambar anak bertipe visual atau haptik adalah pengalaman empiris yang pernah dilalui oleh siswa TK itu sendiri.References
Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan, metode dan paradigma baru. Bandung: Rosdakarya.
Dharsono. (2007). Estetika. Bandung: Rekayasa Sains.
Isjoni. (2010). Model pembelajaran anak usia dini. Bandung: Alfabeta.
Kam Ching, F. D. (2002). Menggambar suatu proses kreatif. Jakarta: Erlangga.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2022, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, Nomor 7 Tahun 2022, Jakarta.
Prayitno, dkk. (2021). Implementasi pembelajaran seni rupa paud di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Anak. 10 (2). 128-136.
Priyatno, A. (2015). Memahami seni rupa. Medan: Unimed Press
Read, H. (1958). Education through art. London: Faber and Faber.
Salam, S. dkk. (2020). Pengetahuan dasar seni rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sumanto. (2006). Pengembangan kreativitas seni rupa anak sd. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tabrani, P. (2014). Proses kreasi, gambar anak, proses belajar. Jakarta: Erlangga.
Tocharman, M. dkk. (2006). Pendidikan seni rupa. Bandung: UPI PRESS