Penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Bustanul' Ulum
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.50075Keywords:
cooperative learning, teams games tournament, social development, children aged 5-6 yearsAbstract
Perkembangan sosial anak saat ini belum terstimulasi dengan optimal. Karena anak lebih senang bermain secara individu, dan orang tua membiasakan anak untuk bermain dirumah sehingga kurangnya kesempatan anak untuk bersosialisasi dengan teman di lingkungan atau di sekolah. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan sosial anak. Karena dengan penerapan pembelajaran kooperatif, anak dapat bekerjasama dengan kelompok, berinteraksi serta menjalin hubungan baik dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif pada anak usia dini dan tingkat pencapaian indikator sosial perkembangan sosial anak melalui penerapan pembelajaran kooperatif di RA Bustanul Ulum. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kualitatif lapangan, dengan sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan skunder. Serta menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan sosial anak sudah berkembang dengan baik,serta pendidik menerapkan sesuai dengan langkah-langkah pada pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan tepat.References
Agung, A., Putra, N., & Adnyana, I. W. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola voli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Reekreasi, 7(1), 141–149. https://doi.org/10.5281/zenodo.4445059
Akí§ay, N. O. (2016). Implementation of cooperative learning model in preschool. Journal of Education and Learning, 5(3), 83–93. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p83
Apriliani, U., & Rahmawati, D. (2019). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu fun accounting berbasis lectora untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi jurnal penyesuaian siswa kelas x akl 2 smk negeri 7 yogyakarta tahun ajaran 2018 / 2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28694
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Black, M. M., Walker, S. P., Fernald, L. C. H., Andersen, C. T., DiGirolamo, A. M., Lu, C., McCoy, D. C., Fink, G., Shawar, Y. R., Shiffman, J., Devercelli, A. E., Wodon, Q. T., Vargas-Barón, E., & Grantham-McGregor, S. (2017). Early childhood development coming of age: science through the life course. The Lancet, 389(10064), 77–90. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31389-7
Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., Fernald, L. C. H., MacMillan, H., Hanson, M., Wachs, T. D., Yao, H., Yoshikawa, H., Cerezo, A., Leckman, J. F., & Bhutta, Z. A. (2017). Nurturing care: promoting early childhood development. The Lancet, 389(10064), 91–102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31390-3
Hardiana, Y., Andari, T., & Krisdiana, I. (2015). Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (tgt) menggunakan media ular tangga dan media question card terhadap hasil belajar matematika siswa sma ditinjau dari adversity quotient (aq) tahun ajaran 2014 / 2015. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 71. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.840
Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011. 1(1), 59–74.
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Influence of teams games tournament learning model using puzzle media on students activity and cognitive. Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 78–92. https://doi.org/ 10.26877/bioma.v6i2.1740
Moleong, L. . (2013). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosadakarya.
Novion, Z. (2018). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menganalisis teknik dasar passing dalam permainan sepakbola. Journal Sport Area, 3(1), 87–93. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1412
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Olusanya, B. O., Sirimanna, T., & McPherson, B. (2017). Timely sensory stimulation and early childhood development. The Lancet, 390(10113), 2626. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(17)32410-8
Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar keseimbangan tubuh anak melalui permainan tradisonal engklek di kelompok b tunas rimba ii tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 18–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.513
Rahman, M. H., & Kencana, R. (2020). Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2177
Samuel, D. (2018). Manfaat pembelajaran kooperatif teams games tournament (tgt) dalam pembelajaran. Journal Ecodunamica, 1(3). https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1939
Setianingrum, I., & Azizah, N. (2022). Teams games tournament untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 315–327. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1268
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Perkembangan anak usia dini: Pengantar dari berbagai aspeknya. Kencana.
Sutirman. (2013). Media dan model-model pembelajaran inovatif. Graha Ilmu.
Trianto, I. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Kencana.
Uthpah, N., & Mulyana, E. H. (2021). Studi kasus keterampilan sosial anak usia dini dari orang tua tunanetra. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 104–110. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.40919
Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering students attitudes and achievement in probability using. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 59–64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152
Wyk, M. M. Van. (2017). The effects of teams-games-tournaments on achievement, retention, and attitudes of economics education students. Journal of Social Science, 8923. https://doi.org/10.1080/09718923.2011.11892895