Estetika pada pojok baca anak usia dini
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.46093Keywords:
Reading corner, early childhood, aesthetics, managementAbstract
Pojok baca merupakan salah satu sarana yang penting dalam perkembangan bahasa anak khususnya pada kemampuan membaca dan menulis. Pojok baca memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan minat baca anak. Namun dalam kenyataannya, kondisi dan penataan pojok baca tersebut masih kurang memadai dan kurang diminati oleh anak-anak. Pengelolaan pojok baca yang baik dan kreatif merupakan kunci dari pojok baca yang nyaman dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif berdasarkan sumber data berupa artikel, skripsi, buku yang relevan dan sumber data lainnya. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengelolaan yang baik dan penerapan nilai-nilai estetika dalam pojok baca anak sangatlah penting. Pojok baca yang dikelola dengan baik dengan memperhatikan meliputi desain, dekorasi, peralatan yang digunakan dengan menerapkan nilai- nilai estetika, prinsip-prinsip dalam estetika dan teori-teori estetika yang mendukung selain dapat membuat anak merasa nyaman dan menyenangkan juga dapat mempengaruhi peningkatan minat baca pada anak tersebut.References
Aswat, H., & G, A. l. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70-80. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302
Falah, R. Z. (2019). Nilai-Nilai Estetika Dalam Penataan Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Kudus. thufuLA : Jurnal Innovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 65-90. doi:http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4839
Hasnidar, S. (2019). Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97-119.
Hununairoh, S. (2021). Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Desa Wangandalem Brebes. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto. Diambil kembali dari http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11625
Kurniawan, W., Sutopo, A., & Minsih. (2021). Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 37-42.
Pamungkas, J. (2015). Estetika Koreografi Sebagai Penunjang Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 596-600.
Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 2(1), 81-85. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. JURNAL LONTAR, 6(1), 13-21. doi:https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Rofi'uddin, M. A., & Hermintoyo. (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di Smp Negeri 3 Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 281-290.
Zakiya, S. (2019). Kreativitas Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Pojok Baca di SMAN 10 Fajar Harapan (Farhan) Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry. Diambil kembali dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10941
Hidayat, H. (2021). Pengembangan Estetika Anak Usia Dini. Sumedang: Mata Garuda Kalbar. Diambil kembali dari https://read.bookcreator.com/aRAZa8J8TCagOfJ375uqCK4OeT93/wg_InG1cTSGcU9RiE7xZzA