Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok b tk mustabaqul khoir Palembang

Authors

  • Nanda Renza Farah Hasibuan
  • Taty Fauzi
  • Rahmah Novianti

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.33564

Keywords:

senam irama, kecerdasan kinestetik, anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B TK Mustabaqul Khoir palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 dengan jumlah 16 anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen desain Pre-Experimental Designs dengan jenis One-Shot Case Study. Dalam desain ini terdapat suatu kelompok diberi treatment, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Berdasarkan perhitungan yang didapat untuk data pretest  uji normalitas data yang diperoleh adalah 0,71 dan data posttest  diperoleh 0.97 sehingga dapat dikatakan dari kedua data tersebut terdistribusi normal. Kemudian hasil perhitungan uji normalitas data untuk   <  atau  1,34  < 2,11, maka varians-varians dinyatakan normal. Tahap berikutnya dilakukan pengujian hipotesis dari hasil perhitungan  uji-t diperoleh  = 131.40 jika dibandingkan dengan     16= 94,5 berarti tolak   dan diterima   maka, perbandingan data pretest dan data posttest dapat disimpulkan  bahwa ada pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B di TK Mustabaqul Khoir Palembang.

References

Darsinah. (2011). Perkembangan Kognitif. PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta: Qinant.

Budiartati, Emmy. (2007). Pembelajaran Melalui Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/download/531/488. Diakses Tanggal 18 Juli 2020 pukul 08.30

Faruq, Muhammad. Muhyi. (2007). 100

Permainan Kecerdasan Kinestetik. Jakarta: Grasindo

Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Ningsih, Windy. Agustin. (2019). pengaruh gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK Tunas Muda Kecamatan Bahar Selatan. Universitas Jambi. Tersedia di https://core.ac.uk/download/pdf/148601174.pdf&sa. Diakses tanggal 22 Juli 2020 pukul 08.10

Prihantini, Ratna. (2016). Pengaruh Kegiatan Senam Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A di TK Pertiwi II Metuk. Skripsi.(Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta). Tersedia di https://eprints.ums.ac.id/42654/2. Diakses Tanggal 21 Juli 2020 pukul 20.05

Syarifudin dan Wiradiharja, Sudrajat. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kemendikbud.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutisna, dkk. (2004). Pendidikan jasmani Media Berolahraga dan Berprestasi. Jakarta: Yudistira.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Taty, Fauzi., & Bayu, Indra. Utama. (2019). Psikologi Perkembangan. Tangerang: Tira Smart

Taty, Fauzi., & Syska, Purnama. Sari. (2018). Kemampuan Mengendalikan Emosi Pada Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Palembang. Tersedia di https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1497. Diakses Tanggal 11 Juli 2020 pukul 09.00

Utomo, Surtiyo. (2008). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulfahmi, Muhammad. Nofan. (2016).

Pengaruh Senam Irama Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Negeri Semarang. Tersedia di https://lib.unnes.ac.id/28934/1/1601411036. Diakses pada tanggal 18 Juli 2020 pukul 08.52

Downloads

Published

2020-11-03

How to Cite

Hasibuan, N. R. F., Fauzi, T., & Novianti, R. (2020). Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok b tk mustabaqul khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 9(2), 118–123. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.33564