Peningkatan kemampuan membentuk bangunan melalui alat permainan balok stiker pada anak kelompok B4 di TK Negeri Pembina Bantul

Authors

  • Tukirah Tukirah TK NEGERI PEMBINA BANTUL

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31346

Keywords:

kemampuan membentuk bangunan, balok stiker, anak

Abstract

Alat permainan yang edukatif dan menarik diperlukan anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membentuk bangunan melalui alat permainan balok stiker pada anak kelompok B4 di TK Pembina Negeri Tembi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun subjek penelitian adalah 17 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila 75 % anak sudah mencapai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) ataupun BSB (Berkembang Sangat Baik). Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam membentuk bangunan dapat ditingkatkan melalui alat permainan balok stiker. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengamatan selama pembelajaran, yang dapat memenuhi target 76,47 %. Hasil penilaian kemampuan anak membentuk bangunan dengan balok stiker yang mencapai BSH mengalami peningkatan sebesar 5,88%. Sedangkan hasil penilaian kemampuan anak membentuk bangunan dengan balok stiker yang mencapai BSB mengalami peningkatan sebesar 35,29%.

References

DAFTAR PUSTAKA

Pamadhi, H & Sukardi, E. (2010). Seni keterampilan anak. Jakarta. Universitas Terbuka.

.......... (2015). 10 p edoman penerapan kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sujiono, Y.N dkk. (2017). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Permendikbud No 146 tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggoro, M.T dkk. (2011). Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ahmadi, A. (1991 ). Pedoman pendidikan prasekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi perkembangan anak. (alih bahasa meitasari tjandrasa). Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. (2011 ). Penelitian tindakan. Yogyakarta: Aditya Madia.

Zulkifli. (1997). Psikologi perkembangan. Bandung: CV Remaja Karya.

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Tukirah, T. (2020). Peningkatan kemampuan membentuk bangunan melalui alat permainan balok stiker pada anak kelompok B4 di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 9(1), 40–48. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31346