Analisis kompetensi pendidik PAUD pada alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta

Authors

  • Subandji Subandji IAIN Surakarta
  • Mila Faila Shofa IAIN Surakarta
  • Rosida Nur Syamsiyati IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.30651

Keywords:

Analisis, Kompetensi Pendidik PAUD, Alumni Program Studi PIAUD

Abstract

Pendidik PAUD yang berkualitas harus memiliki kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi profesional alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta, 2) kompetensi pedagogik alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta, 3) kompetensi sosial alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta, dan 4) kompetensi kepribadian alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni Program Studi PIAUD tahun akademik 2017/2018, yang telah bekerja di berbagai lembaga PAUD dengan segala bentuknya yang berjumlah 91 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh. Maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 91 alumni. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik alumni Program Studi PIAUD mencapai kategori tinggi dengan rata- rata 80,81%. Kompetensi kepribadian alumni Program Studi PIAUD mencapai kategori tinggi dengan rata-rata 82,95%. Kompetensi profesional alumni Program Studi PIAUD mencapai kategori cukup tinggi dengan rata-rata 78,71%. Kompetensi sosial alumni Program Studi PIAUD mencapai kategori tinggi dengan rata-rata 83,60%.

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Subandji, S., Shofa, M. F., & Syamsiyati, R. N. (2020). Analisis kompetensi pendidik PAUD pada alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 9(1), 9–19. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.30651