Pengaruh Permainan Interaktif Berbasis Flash Terhadap Kemampuan Mengenal Gamelan di Taman Kanak-kanak

Authors

  • Yosimi Ratna Puti Annisa
  • Ika Wahyu Wiranti
  • Saras Mareta Ratri
  • Galuh Yuliasih Condrosari

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.3054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh permainan interaktif berbasis flash terhadap kemampuan mengenal gamelan di Taman Kanak-kanak. Kemampuan anak mengenal gamelan mencakup mengenal bentuk, nama, dan suara. Penelitian menggunakan permainan interaktif GamelanD. Sampel mengambil 15 anak kelompok B TK A1 Amien Jetis Yogyakarta. Penelitian menggunakan eksperimen sederhana model one group pretest postest. GamelanD dapat digunakan untuk melatih anak mengenal gamelan. Kenaikan rerata pretes dan posttest meliputi; 1) 3,67 pada indikator mengenal nama; 2) 3,14 pada indikator mengenal bentuk; dan 3) 4,40 pada indikator mengenal suara. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes dalam kemampuan mengenal gamelan melalui permainan interaktif GamelanD.


Kata kunci: gamelanD, flash

Downloads

Published

2015-02-11

How to Cite

Puti Annisa, Y. R., Wiranti, I. W., Ratri, S. M., & Condrosari, G. Y. (2015). Pengaruh Permainan Interaktif Berbasis Flash Terhadap Kemampuan Mengenal Gamelan di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.3054