Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Papan Flanel Huruf Pada Anak Kelompok B TK Asih Sejati Depok Sleman Yogyakarta

Authors

  • - Suratmi

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan flanel huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca pada anak kelompok B TK Asih Sejati di Depok, Sleman, Yogyakarta pada 2010-2011. Subjek penelitian ini berjumlah 25 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Instrumen penilaian memiliki validitas isi untuk mengukur tujuan sesuai dengan indikator dasar keterampilan peningkatan kemampuan baca TK (PKBTK) dan untuk menentukan tingkat keandalan penelitian yang dilakukan oleh dua pengamat, yaitu peneliti dengan guru lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan papan flanel huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dibandingkan dengan menggunakan media lainnya. Sebelum tindakan nilai rata-rata mencapai 36 %, dan setelah tindakan mencapai 64%.

Katakunci: papan flanel huruf, keterampilan membaca


Downloads

Published

2015-02-11

How to Cite

Suratmi, .-. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Papan Flanel Huruf Pada Anak Kelompok B TK Asih Sejati Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3045