Kegiatan Menyanyi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Nur Hayati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29162

Keywords:

Teachers' perception, learning process, singing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terkait kegiatan menyanyi dalam pembelajaran anak. Guru masih beranggapan bahwa hafal lirik, menyanyi sesuai nada, berani menyanyi di depan sebagai indikator bahwa perkembangan aspek seni pada anak telah optimal. Metode penelitian adalah survey terhadap pendidik PAUD di Kecamatan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Subyek penelitian sebanyak 29 guru, teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif Hasil penelitian terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk mengetahui apa yang dirasakan guru mengenai kegiatan menyanyi, kemudian guru-guru di TK apakah menyukai kegiatan menyanyi.  Kegiatan menyanyi apakah dapat mempengaruhi perkembangan anak serta pesan moral dari syair lagu dapat dipahami anak sehingga kegiatan dapat mengubah perilaku anak. Bagian kedua penelitian ini untuk mengetahui apa yang dilakukan guru dalam kegiatan menyanyi. Bagaimana guru mempersiapkan lagu yang akan disampaikan pada anak termasuk alat music dan cara guru mendapatkan ide membuat lagu baru. Informasi yang diperoleh dari subjek penelitian menggambarkan bahwa kegiatan menyanyi yang disampaikan guru pada anak usia dini ada dipersiapkan dan ada yang spontan. Sehingga dapat dipahami bahwa kegiatan menyanyi ada yang berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran namun ada pula yang tidak bermakna.

References

Ali, M. & Asrori, M. (2009). Psikologi remaja: pengembangan peserta didik. Edisi 6. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barrett, M.S. et al. (2018). Evaluating the impact of a generalist teacher-led music program on early childhood school children's singing skills and attitudes to music. Sempre, journals.sagepub.com/home/pom, DOI: 10.1177/0305735618790355

Christianti, M., Hayati, N., Fatimaningrum, A.S. (2017), Penerapan LEA (Language Experience Approach) melalui Cerita Budaya Lokal untuk Mendukung Membaca Awal pada anak di TK, Laporan penelitian Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Hayati, N., Muthmainnah, Rahmawati, R. (2015). Development of conomy Token Model In Early Childhood Learning", diterbitkan dalam Proceeding 2nd International Conference on Current Issues in Education, 25-26 Agustus 2015, ISSN:2460-7185, Available at: http://pps.uny.ac.id/sites/pps.uny.ac.id/files/Proceding-final-cd-LV.pdf

Irwanto. (2002). Psikologi umum. Jakarta: PT Prenhallindo.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini, Jakarta, Available at: http://disdik.banjarbarukota.go.id/produk_hukum/Permendikbud%20Standar%20 Nasional%20PAUD.pdf

Muhaiban. (2002). Strategi Pembelajaran Al-Arabiyah Lil-Athfal. Malang: Makalah disajikan Dalam Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Ridwan & Awaluddin, A.F. (2019). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab di raodhatul athfal. Didaktika jurnal kependidikan, volume 13, No 1 Juni, P-ISSN 19780214; E-ISSN2657-196X

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Solso, R.L., Maclin, O.H., & Maclin, K.M. (2007). Psikologi kognitif. edisi kedelapan. (Alih bahasa: Rahardanto, M. & Bartuadji, K.). Jakarta: Erlangga.

Susilawati. (2014). Penerapan metoda bernyanyi dalam meningkatkan kecerdasan berbahasa pada pendidikan anak usia dini (studi deskriptif tentang penerapan metoda bernyanyi di PAUD Al Azhar Syfa Budi Parahyangan). Jurnal Empowerment Volume 4, Nomor 2 September, ISSN No. 2252-4738

Wulandari, R. (2011). Pengembangan lagu untuk anak usia dini 4-6 tahun, Dinamika Pendidikan Vol.18 No.2, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Available at:https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/4080/0

Published

2022-12-01

How to Cite

Hayati, N. (2022). Kegiatan Menyanyi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 8(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29162