Pengembangan Permainan Harta Karun Si Bola-Bola dalam Pembelajaran Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Rahma Putri Wina Universitas Malang
  • Tomas Iriyanto Universitas Malang
  • Eny Nur Aisyah Universitas Malang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29095

Keywords:

Game, treasure, social emotional learning.

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk permainan harta karun si bola-bola yang aman, mudah dan menarik serta sebagai inovasi untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan permainan yang dapat membantu meningkatkan perkembangan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan  pengembangan  dari  Borg  and  Gall.  Model  ini  memiliki  10  langkah penelitian, namun karena keterbatasan peneliti, maka menggunakan 7 langkah, penelitian ini dilakukan di 5 TK dengan subjek 76 anak. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan data evaluasi dari para ahli, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data permainan yaitu aspek keamanan, kemudahan, dan kemenarikan  digunakan  untuk  meningkatkan  perkembangan  sosial  emosional anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Wina, R. P., Iriyanto, T., & Aisyah, E. N. (2019). Pengembangan Permainan Harta Karun Si Bola-Bola dalam Pembelajaran Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 8(2), 126–131. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29095