Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya

Authors

  • Yasbiati Yasbiati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Taopik Rahman Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Qonita Qonita Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591

Keywords:

Honesty, character education, children honesty

Abstract

Banyak  kasus-kasus kenakalan bahkan kejahatan dikaitkan dengan isu degradasi karakter. Pemerintah mengupayakan hal tersebut dengan mulai berfokus pada pendidikan karakter. Pendidikan karakter sudah harus ditanamkan sejak dini sebagai modal dan pondasi awal terbentuknya sikap dan karakter individu. Salah satu indikator karakter yang menjadi modal dasar tersebut yaitu kejujuran. Anak usia dini dikenal sebagai manusia paling jujur karena kepolosannya. Hanya saja jujur bukan hanya mengatakan hal apa adanya, tapi juga terkait bagaimana anak mengetahui perilaku yang tepat dan tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  bagaimana  profil  kejujuran  anak  usia  5-6  Tahun  di  RA  A- Taufiq Kota Tasikmalaya. Penelitian deskrpitif kuantitiatif ini dilakukan melalui tes  kejujuran  pada  15  anak  saat  kegiatan  pembelajaran.  Dari  tes  kejujuran tersebut didapat bahwa anak usia 5-6 tahun di RA-AT Taufik sudah memiliki dasar kejujuran yang baik. Hanya saja, semakin anak tumbuh dan berinteraksi dengan lingkungannya semakin anak akan mendapatkan pengaruh pengaruh lain yang dapat menguatkan atau bahkan melemahkan karakternya.   Sehingga menamkan sikap jujur melalui upaya pendidikan karakter harus senantiasa dibangun dan dipertahankan oleh lingkungan sekitarnya untuk membentuk karakter yang kuat dari setiap individu sehingga kasus kenakalan dan kejahatan bisa berkurang.

Author Biographies

Yasbiati Yasbiati, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Edi Hendri Mulyana, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Taopik Rahman, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Qonita Qonita, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Lee, K., dkk. (2014). Can Classic Moral Stories Promote Honesty in Children? Psychological Science, 25(8), 1630–1636. https://doi.org/10.1177/0956797614536401

VanderVen, Karen. 2008. Promoting Positive Development in Early Childhood: Building Blocks for A Successful Start. New York:Springer Science and Bussines Media.

Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

M. Lewis, C. Stanger, and M. W. Sullivan, "Deception in 3-year-olds," Developmental Psychology, 25 (3), 439–443, 1989

Kompasiana. 9 Februari 2018. Humaniora: Degradasi Moralalitas Genmud sebagai Penanda Buruknya Pendidikan Karakter di Indonesia

Aeni, Nur A dkk. 2017. Pendidikan Karakter antara Teori dan Aplikasi. Bandung: Rizqi Press.

___. (2012). Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. 2012. Jakarta. pdf.

Novriyansah, dkk. (2018). Studi tentang Perkembangan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, PGPAUD FKIP UNIB. 2(1), 14-22.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Narbuko, K & Achmadi, H.A. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Santrok, John W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Cooper, Carol, dkk. 2009. Ensiklopedia Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Messi & Edi. (2017). Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran di Dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 1(1), 278-290.

Rofiq & Ismatun. _________. Analisis Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. Diperoleh 5 Desember, 2019, dari https://osf.io "º download

Amin, Muhammad. (2017). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105-124.

Rochmawati, Nikmah. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1-12.

Sujiono, YN. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakatra: Indeks Terbuka.

Kesuma, Darma., dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Rosda Karya

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Yasbiati, Y., Mulyana, E. H., Rahman, T., & Qonita, Q. (2019). Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 8(2), 99–106. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591