PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN ATURAN MAIN PADA KEGIATAN BERMAIN DI SENTRA KELOMPOK A2 TK ABA JOGOKARYAN

Authors

  • Tsany Nur Farhani

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan aturan main pada kegiatan bermain di sentra dapat meningkatkan keterampilan sosial anak A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta. Peningkatan dari pra tindakan ke Siklus I sebesar 33,3% dan dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebanyak 20%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan pada Siklus II sebesar 80%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) menyiapkan media di setiap sentra (2) memberikan kesempatan kepada anak untuk berekspolasi sesuai gagasannya di setiap sentar (3) menerapkan aturan main yang telah disepakati bersama di sentar (4) memberi reward bagi yang mengikuti aturan main di sentra (5) memberi punishment bagi yang belum mengikuti aturan main.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, aturan bermain di sentra

Downloads

Published

2016-12-19

How to Cite

Farhani, T. N. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN ATURAN MAIN PADA KEGIATAN BERMAIN DI SENTRA KELOMPOK A2 TK ABA JOGOKARYAN. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12390