PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN MENEMPEL PADA ANAK KELOMPOK B-3 TK NEGERI PEMBINA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015

Authors

  • Titi Nugraini

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak Taman Kanak-Kanak dengan harapan akan berdampak pada optimalisasi perkembangan kognitif anak.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian merupakan penelitian berulang sesuai siklus spiral sebagaimana mengikuti pendapat Kemmis dan Me. Taggart. Penelitian dilaksanakan di Kelompok B-3 TK Negeri Pembina Yogyakarta pada semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 16 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan anekdote record. Berdasarkan analisis deskriptif, penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pembelajaran menempel kepingan bentuk-bentuk geometri telah terbukti dapat meningkatkan kreativitas anak TK. Berdasarkan data hasil observasi diperoleh data bahwa sebelum dilakukan tindakan ada 25% anak yang berkembang sesuai harapan dan ada 75% anak yang mulai berkembang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh peningkatan data ada 56% anak mulai berkembang dan 44% anak berkembang sesuai harapan, siklus II ada 36% anak mulai berkembang dan 64% anak berkembang sesuai harapan, siklus III diperoleh ada 7% anak mulai berkembang dan 82% anak berkembang sesuai harapan serta ada 11% anak berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menempel kepingan bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kreativitas anak TK di Kelompok B-3 TK Negeri Pembina.

Kata kunci: Kreativitas, Menempel, Bentuk – bentuk geometri

 

Downloads

Published

2016-06-19

How to Cite

Nugraini, T. (2016). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN MENEMPEL PADA ANAK KELOMPOK B-3 TK NEGERI PEMBINA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12364