PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI YANG MENGACU PADA PEMBIASAAN SIKAP FAIR PLAY DAN KEPERCAYAAN PADA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9498Abstract
Abstrak
Pembentukan karakter merupakan tujuan didalam suatu pengajaran, pengajaran melalui karakter
dapat membentuk nilai moral pada semua siswa.Pembelajaran dapat dijadikan sebagai media
sosialisasi dan interaksi antara pendidik dan peserta didik.Interaksi yang terjadi diharapkan mampu
mentransfer nilai-nilai pendidikan. Proses pembelajaran dapat dilakukan melalui pendidikan
jasmani.Pendidikan jasmani akan membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan dan
pengetahuan yang siswa butuhkan secara jasmani dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan jasmani
menuntut siswa mampu mengembangkan karakter fair play dan kerpercayaan terhadap teman
sejawatnya. Fair play diberi pengertian permainan yang sportif dan kepercayaan yaitu penanaman
sifat berupa tanggung jawab penuh dalam melakukan suatu hal.
Fair play dan kepercayaan keduanya harus ditanamkan didalam pembelajaran pendidikan
jasmani.Pembentukan karakter melalui pendidikan jasmani sangat efektif untuk meningkatkan jiwa
sportif ketika sedang melakukan aktivitas jasmani dan rasa tanggung jawab ketika diberi
kerpecayaan dari teman sejawat serta percaya ketika memberi kepercayaan kepada teman sejawat.
Kata kunci :Fair play, kepercayaan, pendidikan jasmani
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).