TINGKAT KEMAMPUAN FOREHAND GROUNDSTROKE DAN BACKHAND GROUNDSTROKE SISWA SEKOLAH TENIS MENOREH TENNIS CLUB, HANDAYANI TENNIS CLUB DAN BANTUL TENNIS CAMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12880Keywords:
forehand ground strokes, backhand ground strokes, Tennis academy students, dyer tennis testAbstract
ABSTRAKTeknik forehand groundstroke dan backhand groundstroke merupakan salah satu teknik yang sangat penting dalam permainan tenis lapangan. Petenis kebanyakan kehilangan angka karena tidak menguasai teknik forehand groundstroke dan backhand groundstroke dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan forehand groundstroke dan backhand groundstroke padasiswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dyer Tennis Test. Validitas instrumen Dyer Tennis Test antara 0,80 sampai 0,90 dan reliabilitas instrumen adalah 0,90. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp sebanyak 32 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan forehand groundstrokes siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp berkategori "sedang". Secara terperinci terdapat 2 siswa (6,25%) berkategori "baik sekali", 5 siswa (15,63%) berkategori "baik", 15 siswa (46,87%) berkategori "sedang", 8 siswa (25%) berkategori "kurang" dan 2 siswa (6,25%) rendah. Rata-rata tingkat kemampuan backhand groundstrokes berkategori "sedang", dengan rincian terdapat 2 siswa (6,25%) berkategori "baik sekali", 8 siswa (25%) berkategori "baik", 12 siswa (37,5%) berkategori "sedang", 8 siswa (25%) berkategori "kurang" dan 2 siswa (6,25%) berkategori "rendah". Rata-rata tingkat kemampuan forehand groundstroke dan backhand groundstroke berkategori "sedang", dengan rincian terdapat 2 siswa (6,25%) berkategori "baik sekali", 5 siswa (15,63%) berkategori "baik", 15 siswa (46,87%) berkategori "sedang", 8 siswa (25%) berkategori "kurang" dan 2 siswa (6,25%) rendah.
Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan forehand groundstroke dan backhand groundstroke siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp berkategori sedang.
Kata kunci: forehand groundstrokes, backhand groundstrokes, siswa sekolah tenis, dyer tennis test
References
Abdoelah, Arma dkk. 1981. Olahraga untuk perguruan tinggi. Yogyakarta: PT: Sastra Hudaya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Brown, Jim. 2007. Tenis: Tingkat pemula, alih bahasa dari Tennis: Steps to success. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Hohm, Jindrich and Klavora, Peter, 1987. Tennis Techique and Tactics, Play to Win The Czech Way. Canada: Sport Book Publisher.
Ihsan, Willy. 2014. Tingkat kemampuan forehand groundstrokes dan backhand groundstrokes tenis lapangan siswa sekolah tenis selabora FIK UNY. Skripsi: UNY.
Jones, C.M., Angela Buxton. 2006. Belajar tenis untuk pemula. Bandung: Pionir Jaya.
Schuyler, Steve. 1993. Winning Tennis, complete guide for coaches and advanced players. Englexood clifft, N.J: Prentice hall.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Thahara, Toriq. 2013. Tingkat keterampilan pukulan forehand groundstroke drive dan pukulan backhand groundstroke drive siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis lapangan di smp negeri 1 Kaliangkrik Kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/ 2013.Skripsi: UNY
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).