Manajemen Strategis Sekolah Unggulan Berbasis Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Nadya Zilan Maulida Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Nanda Dwi Rohmah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.59897

Keywords:

sekolah unggulan, manajemen strategis, analisis strategis

Abstract

Dalam dunia modern sekolah unggulan merupakan acuan pendidikan yang banyak dipandang mempunyai mutu paling baik. Pada penelitian ini, SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen merupakan salah satu sekolah unggulan  berbasis islam yang ada di lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan case study research (penelitian studi kasus) untuk mengetahui secara rinci proses manajemen strategis yang dilakukan oleh SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan responden kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) sekolah mampu mengembangkan dan mempertahankan kualitas melalui program unggulan, 2) sekolah merencanakan visi, misi, dan tujuan berdasarkan pada rapat RPS tiap semester atau ajaran baru, 3) sekolah menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, tantangan, dan ancaman, 4) prestasi dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah adalah hasil dari keberhasilan sekolah dalam merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah dengan baik dan benar. Manajemen strategis yang digunakan oleh sekolah terbukti memberikan dampak baik untuk peningkatan prestasi siswa, sehingga sekolah mampu bersaing dengan kompetitor terdekat.

References

Amoli, S. J., & Aghashahi, F. (2016). An investigation on strategic management success factors in an educational complex. 3rd International Conference on New Challenges in Management and Organization: Organization. 230, hal. 447-454. Dubai, UAE: Procedia - Social and Behavioral Sciences. doi:10.1016/j.sbspro.2016.09.056

Amrullah, M. A., Setyowati, S., & Supratno, H. (2019). Implementasi manajemen strategik di sekolah unggulan SMP negeri 3 Tuban. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 101-113. doi:https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p101-113

Chiar, M. (2012). Budaya sekolah unggul. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1(2), 163-172. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v1i2.72

Fahmi, I. (2013). Pengantar manajemen keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fattah, N. (2000). Manajemen berbasis sekolah. Bandung: Andira.

Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kamayuda, D., & Krismanda, M. (2016). Perencanaan strategi bersaing sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah swasta Salatiga. Satya Widya, 32(2), 79-91. doi:https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p79-91

Liriwati, F. Y., Syahid, A., & Mulyadi. (2021). Manajemen sekolah menuju sekolah unggulan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman dan Peradaban, 9(1), 1-11. doi:https://doi.org/10.32620/afkar.v9il.314

Maringe, F., & Gibbs, P. (2009). Marketing higher education theory and practice. New York: University Press.

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3 rd. USA: Arizona state university.

Muhammad. (2009). Konsep pengembangan sekolah unggulan. Kreatif.

Notoatmodjo, S. (1998). Pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Raharjo, S. B., & Yuliana, L. (2016). Manajemen sekolah untuk mencapai sekolah unggul yang menyenangkan: Studi Kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan, 1(2), 203-217. doi:https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.769

Rahmah, S. (2016). Mengenal sekolah unggulan. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(1),11-22. doi:https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/112

Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rohiat. (2008). Manajemen sekolah, teori dasar, dan praktik. Bandung: Aditama.

Sandika, E., Sarbini, M., & Maulida, A. (2019). Implementasi pendidikan karakter religius dan jujur di SDIT SUIS (Sekolah Unggulan Islami) kelas V Kabupaten Bogor tahun ajaran 2018/2019. Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1.517

Saufi, A., & Hambali, H. (2019). Menggagas perencanaan kurikulum menuju sekolah unggulan. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29-54. doi:https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.497

Shiddiq, A., Asmoni, Jamilah, Puspitorini, A., & Mulyadi. (2021). Strategi pengembangan kualitas pendidikan (Studi multisitus di sekolah unggulan SDN Pangarangan 1 dan SMPN 1 Sumenep. KARATON: Jurnal Pembangunan Sumenep, 1(1), 25-35.

Yapandi. (2018). Strategic planning model to increase quality basic school education by 2020. JP2D (Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar) UNTAN, 1(1), 35-47. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jp2d.v1i1.5

Z, I. U., AR, M., & Khairuddin. (2014). Implementasi manajemen strategik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pada SMAN 10 Fajar Harapan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 58-70.

Downloads

Published

2023-05-07

How to Cite

Maulida, N. Z., & Rohmah, N. D. (2023). Manajemen Strategis Sekolah Unggulan Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.59897

Issue

Section

Articles