Analisis Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan untuk Menunjang Kegiatan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.45906Keywords:
sarana, prasarana, pendidikanAbstract
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu substansi dalam manajemen
pendidikan yang sangat urgen dan wajib dimiliki dalam sebuah satuan pendidikan. Tanpa adanya sarana dan prasarana, suatu kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik dan akan menemui berbagai kendala. Sekolah Menengah Kejuruan Kejuruan (SMK) sebagai salah satu satuan pendidikan yang memiliki visi untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing dalam pasar kerja tentu harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana SMK ini dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar siswa. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 25 secara khusus berbicara tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan. Detil standardisasi sarana dan prasarana pendidikan di SMK/MAK dimuat dalam Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis standar sarana dan prasarana pendidikan di SMK Syuradikara Ende. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana di SMK Syuradikara belum sepenuhnya mencapai standar sarana dan prasarana pendidikan yang telah ditetapkan dalam Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Hal ini dikarenakan masih ada ruangan-ruangan yang belum dibuat dan dibenahi dengan sarana dan prasarana antara lain: ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, lab komputer, ruang kurikulum, ruang BK, ruang kesiswaan, ruang guru, ruang OSIS, gudang, kantin, tempat parkir, dan ruang praktik.
References
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik pendidikan 2020. Jakarta: BPS.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2). https://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayatuloh, M. N. (2019). Kelayakan sarana dan prasarana bengkel praktik teknik kendaraan ringan di SMK Piri Sleman. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62920.
Huda, M. N. (2018). Optimalisasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Ta'dibi, 6(2), 51–69.
Jamaluddin, Martuty, A., & Abdullah, M. (2021), The infrastructure standards of early childhood education units in south sulawesi province. Prosiding The 2nd International on Meaningful Education (2nd ICMEd). KnE Social Sciences, pages 584–603. 10.18502/kss.v6i2.10017
Lunenburg, F. C., & Ornstein, A. C. (2012). Educational administration: concepts & practices. London: Thomas Learning Berkshire House.
Meimuharani, Nazaruddin, & Anggraini, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 4 Aceh Besar. Jurnal Economica Didactica, 1(2), 1–14.
Miski, R. (2015). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ta'dibi, 4(2), 69–73. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341.
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Musa, M. F., & Ahmad Baharum, Z. (2012). Higher education physical assets and facilities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 50(2012), 472–478. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.051.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas40-2008 SarprasSMK.pdf.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165024/pp-no-57-tahun 2021.
Pukan, T. G. (2020). Pengaruh sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SDI Luki Kecamatan Wulandoni. Jurnal Mitra Pendidikan, 4(11), 714–730. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i11.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, R., & Sudira, P. (2016). Evaluasi sarana dan prasarana praktik teknik komputer dan jaringan di SMK Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 54–65.
Tanjung, F. Z., Annisa, M., & Ridwan. (2016). Analisis sarana dan prasarana sekolah dasar berdasarkan tingkat akreditasi di Kota Tarakan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 134–146. https://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8934.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.