Pengelolaan Program Kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42353Keywords:
pengelolaan program, program kewirausahaan, program sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kewirausahaan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di DIY. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian yakni penanggung jawab program, koordinator program, dan guru kewirausahaan. Penelitian dilaksanakan pada sekolah penyelenggara program kewirausahaan, yaitu: SMA Negeri 6 Yogyakarta, SMAN 2 Banguntapan, SMAN 1 Turi, dan SMAN 1 Playen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menerapkan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program kewirausahaan SMAN di DIY dilakukan dengan penetapan tujuan, perencanaan program, perencanaan pembiayaan, dan perencanaan personil; (2) pelaksanaan program kewirausahaan SMAN di DIY meliputi pengorganisasian, koordinasi, dan implementasi kurikulum; (3) evaluasi program kewirausahaan SMAN di DIY dilakukan pada setiap akhir semester oleh tim kewirausahaan sekolah.References
Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Pusat Statistik. (2016). Metadata sensus ekonomi 2016 lanjutan. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Kurniadin, D. & Machali, I. (2013). Manajemen pendidikan: Konsep & prinsip pengelolaan pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maulia, Rahma., (2019). Pengelolaan kegiatan kewirausahaan dalam pengembangan kreativitas peserta didik di SMKN 3 Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar- Raniry.
Mulyani, E. et al. (2010). Pengembangan pendidikan kewirausahaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.
Nawawi, H. (1998). Administrasi pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ngadi. (2005). Model pengembangan kewirausahaan (entrepreneurship) di sekolah melalui strategi berbasis sekolah Madura: Modul dalam rangka hari guru nasional internasional dengan penyelenggara PGRI Kabupaten Sumenep Tahun 2005 Tanggal 30 Nopember 2005: Universitas Wiraraja.
O'Connor, D. (2016). The golden thread: educator connectivity as a central pillar in the development of creativity through childhood education. An Irish life history study. Education 3-13, 44(6), 671–681. https://doi.org/10.1080/03004279.2014.999343
Pawestri, G. W., Sumantri, M. S., & Utomo, E. (2019). Evaluasi program kewirausahaan di SDK21 Penabur. Jurnal Basicedu, 3(3), 1–12. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.172
Ratna, L. (2013). Analisis nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. Tesis. Bandung. Pasca Sarjana UPI.
Santosa, I. (2014). Masalah dan tantangan pengembangan kewirausahaan pada kalangan mahasiswa di Indonesia. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 3(3), 203–207. https://doi.org/10.20885/ajie.vol3.iss3.art5
Siregar, Y. E. Y., S, Z. M., W, P. A., Rachmadtullah, R., & Pohan, N. (2018). Self regulation, emotional intelligence with character building in elementary school. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.72
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2010). Desain pembelajaran kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Ula. S. (2013). Revolusi belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.