Program Pengembangan Layanan Perpustakaan di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di SMAN 2 Bantul
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42350Keywords:
program pengembangan, layanan perpustakaan, perpustakaan sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pengembangan layanan perpustakaan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bantul. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, tenaga pengelola perpustakaan sekolah, dan relawan pustakawan muda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk program pengembangan layanan perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bantul meliputi kegiatan layanan untuk difabel, narapidana, dan kegiatan di panti jompo; (2) proses pelaksanaan kegiatan layanan perpustakaan terdiri atas: (a) layanan untuk difabel dengan mengundang siswa difabel dari luar sekolah untuk mengikuti kegiatan story telling; (b) layanan bagi narapidana dilakukan dengan mengganti koleksi setiap dua bulan sekali; dan (c) layanan di panti jompo dilakukan dengan mengganti koleksi dalam jangka waktu dua bulan sekali dan memberi pendampingan bagi manula dalam memanfaatkan koleksi.References
Fuad, N. (2014). Manajemen pendidikan berbasis masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo.
Grates, F. (2013). School library impact studies: a review of findings and guide to sources. Gretes Research Servises. Retrieved from https://www.baltimorelibraryproject,org/
Hartono. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah; menuju perpustakaan modern dan profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hartono. (2017). Strategi pengembangan perpustakaan digital dalam membangun aksesbilitas informasi: sebuah kajian teoritis pada perpustakaan perguruan tinggi islam di Indonesia. Jurnal Perpustakaan, Vol. 8, No. 1, 75-91. ISSN 1979 – 9527. Retrieved form https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/11487/8666
Inderiyeni. (2017). Evaluasi sistem layanan perpustakaan di SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru. Jurnal Pustaka Budaya, Vol. 4, No. 1, 17-32.
Lince, E.N. (2012, October 08). 76.000 sekolah belum memiliki perpustakaan. KOMPAS. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/11070712/76.000.Sekolah.Belum.Memiliki.Perpustakaan
Lee DTF, Yuu DSF, & Kwong ANL. (2009). Quality of life of older people in residential care home: a literature review. Jurnal of nursing and healthcare of Chronic Illness. 1(2), 116-125. Hongkong: Backwell Publishing Ltd. doi: 10.1111 / j.1752-9824.2009.01018.x.
Mansyur, M. (2015). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Pustakaloka, Vol. 7 No. 1, 43-54. DOI: https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v7i1.184
Mitchell, E. B. (2006). Inclusive urban design: streets for life. UK: Elsevier.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA
Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Prastowo, A. (2012). Manajemen perpustakaan sekolah profesional. Yogyakarta: Diva Press.
Qalyubi, S, dkk. (2007). Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Fakultas Adap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Suwarno, W. (2014). Ilmu perpustakaan dan kode etik pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.