Literature review: The role of learning management system (LMS) in improving the digital literacy of educators
Downloads
Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi digital-age literacy dalam pendidikan abad 21 di Indonesia. SNPS: Seminar Nasional Pendidikan Sains, 1(1), 113–120. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9820/7255
Akbar, H. M., & Biyanto. (2022). The role of digital competence for pre-service teachers in higher education Indonesia. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 233–240. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1605
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumersand designers of multimedia learning (Fourth). Wiley Online Library. https://doi.org/10.1002/9781119239086.indsub
Garad, A., Al-Ansi, A. M., & Qamari, I. N. (2021). The role of e-learning infrastructure and cognitive competence in distance learning effectiveness during the covid-19 pandemic. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 40(1), 81–91. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474
Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Moodle pada matakuliah fisika dasar. 2017, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077
Hermawanto, Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh blended learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran fisika peserta didik kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 67–76. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPFI/article/view/2582/2635
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, 1 (2003). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Khotimah, T. H., Rokaibah, N. S., Zahrotunnisa, S., Firdau, M. W., Wiqi, R., & Rochman, C. (2020). Persepsi guru terhadap tantangan dan peluang pendidikan. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 514–520. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.690
Listiaji, P., & Subhan. (2021). Pengaruh pembelajaran literasi digital pada kompetensi teknologi informasi dan komunikasi calon guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 107–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948
Muniroh, J., & Muhyadi. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161–173. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8050
Nada, A. Q., & Indrawan, D. (2023). Analisis tingkat literasi digital guru pendidikan sekolah dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2481
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. JCP: Jurnal Cakrawala Penjas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Permatasari, A. A. (2014). Pengaruh penggunaan multimedia Powerpoint terhadap peningkatan kemampuan menulis cerita pendek pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 19–23. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297
Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone learning management system (S-LMS) sebagai media pembelajaran matematika di SMA. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014
Putri, D. D. (2018). Pengembangan learning management system menggunakan framework codeigniter dan angularjs di PT. XYZ. Jurnal Sistem Informasi, 14(1), 17–27. https://doi.org/10.21609/jsi.v14i1.540
Putro, S. T., Widyastuti, M., & Hastuti. (2020). Problematika pembelajaran di era pandemi covid-19 studi kasus: Indonesia, Filipina, Nigeria, Ethiopia, Finlandia, dan Jerman. Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 18(2), 50–64. https://doi.org/10.21831/gm.v18i2.36058
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis tingkat literasi digital generasi milenial Kota Surabaya dalam menanggulangi penyebaran hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 10(1), 33–43. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795
Rahman, F., Astagini, A., & Effendy, A. D. F. (2020). Kesenjangan pembangunan di tingkat lokal: Refleksi atas implementasi otonomi daerah di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 2(2), 93–111. https://doi.org/10.36636/jogiv.v2i2.422
Rakhmawati, N. I. S., Mardliyah, S., Fitri, R., Darni, D., & Laksono, K. (2022). Pengembangan learning management system (LMS) di era pandemi covid-19 pada pendidikan anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 107–118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.991
Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171–179. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48774
Sam, N. E., & Idrus, R. (2021). Pengembangan media e-learning berbasis learning management system (LMS) di era pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 4271–4280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1503
Septyanto, K., Hamid, M. A., & Aribowo, D. (2020). Pengembangan e-learning berbasis website menggunakan metode Waterfall. Elinvo: Electronics, Informatics, and Vocational Education, 5(1), 89–101. https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i1.31054
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal ASPIKOM: Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi, 3(6), 1200–1214. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Simanullang, N. H. S., & Rajagukguk, J. (2020). Learning management system (LMS) based on Moodle to improve students learning activity. The 6th Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067
Tobing, J. A. D. E., Isa, S. F. P., Munawaroh, S. Z. Al, & Windayana, H. (2021). Strategi pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi (multiplatform) di masa pandemi covid-19. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(2), 113–120. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.45723
Wahjusaputri, S., & Nastiti, ashia I. (2022). Digital literacy competency indicator for Indonesian high vocational education needs. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(1), 85–91. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20390
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
![]() | Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |